Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Tania to muane Muaq jiripai gayang Attonganang di tiaq Di sanga to barani."
Bukan pahlawan Bila harus ada keris terselip di pinggang Karena keadilan dan kebenaranlah Yang dikatakan kesatria
CATATAN SULBAR
Pentingnya WAN Kota dalam tata kelola pemerintahan
SulbarDOTcom - Pentingnya WAN Kota dalam tata kelola pemerintahan
Ilustrasi Konsep WAN Kota

 Penulis : Mr. Puang
 Minggu, 8 November 2015 16:21:16  | Dibaca : 910 kali
 
Jaringan kota atau yang biasa disebut sebagai WAN Kota (Wide Area Network Kota) merupakan pengembangan jaringan dari beberapa jaringan LAN (Local Area Network). Laboratorium komputer ataupun rumah pribadi bahkan di warkop juga sudah menerapkan sistem LAN tersebut hanya di warkop menggunakan jaringan wireless untuk mempermudah koneksi ke laptop atau smartphone, dan kelompok LAN tersebut digabungkan menjadi lingkup jaringan yang lebih besar sehingga tercipta WAN Kota.

WAN Kota ini merupakan basic atau dasar dari segala aktifitas yang berkaitan dengan aplikasi dan sistem informasi yang dibangun dan yang akan dibangun untuk kepentingan dukungan kegiatan tata kelola pemerintahan.

Lebih lanjut tentang WAN Kota, kegunaannya sangat banyak diantaranya :
     
  • Sharing printer/scanner
Melalui   fasilitas sharing ini di sebuah ruangan atau perkantoran dapat   memaksimalkan sebuah printer atau scanner dengan spek yang lebih tinggi   dan berkualitas untuk digunakan secara bersama-sama yang tentu saja   mengurangi cost pengadaan printer atau scanner tersebut. Untuk sharing   printer/scanner akan lebih efektif untuk jaringan LAN dalam jaringan WAN   Kota tersebut atau di bagian atau bidang tertentu sehingga efektifitas   kerja dapat diperoleh dengan memanfaatkan jaringan yang ada.
     
  • Sharing data
sharing   data sangat bermanfaat bila terjadi pertukaran data terlebih dengan   ukuran file yang cukup besar antar ruangan atau bahan antar kantor yang   terpisah terutama perkantoran pemerintahan yang sering terpisah agak   jauh, dengan fasilitas sharing data ini tentu saja mengurangi cost   pengadaan flashdisk dan juga transportasi untuk mengirim data ke kantor   lain oleh kurir kantor.
     
  • Sistem Informasi
Di   era teknologi informasi saat ini, tentu saja sangat dibutuhkan   informasi dan akses yang lebih mudah terutama ke beberapa aplikasi   tertentu seperti halnya dengan akses informasi tender secara online yang   bahkan bisa diakses secara lokal dalam kota yang tentu saja meringankan   beban bandwith kota bila mengakses tender secara lokal dalam kota, sama   halnya dengan aplikasi keuangan dengan sistem SIAKAD nya tentu lebih   mudah dan lebih efisien bila bendahara-bendahara dinas yang lokasi   kantornya berjauhan tidak perlu datag ke bagian keuangan untuk menginput   laporan mereka, melalui WAN kota mereka dapat menginput laporan   keuangan atau lainnya dari ruangan mereka sendiri tanpa perlu   mengeluarkan cost untuk transportasi dll bahkan mereaka dapat menginput   laporan mereka dari rumah masing-masing.
Sistem informasi yang dimaksud bisa saja berupa :
       
  • Sistem   informasi Kepegawaian yang seharusnya dapat diakses dari dinas   masing-masing atau bahkan oleh individu PNS itu sendiri untuk mengudate   data mereka.
  •    
  • Sistem informasi Aset dan Barang Daerah
  •    
  • Sistem informasi Tender Online
  •    
  • Sistem informasi Keuangan
  •    
  • Sistem informasi RS
  •    
  • Sistem informasi absen pegawai
  •    
  • Sistem informasi lainnya seperti halnya ePUPNS yang saat ini sedang hangat-hangatnya.
dan   semua sistem informasi ini seharusnya saling terintegrasi walaupun   dibangun secara terpisah karena pertimbangan biaya dan waktu, karena   semua sistem informasi ini selalu menggunakan data yang sama yakni data   pegawai sebagai patokan kegiatan dari sistem informasi tersebut dan   selanjutnya diperoleh laporan yang lebih akurat dan real time.
     
  • Call center
Layanan   call center pemerintah adalah sesuatu yang WAJIB ADA untuk memberikan   akses keluhan bahkan layanan informasi langsung ke masyarakat yang   membutuhkan.
Seperti halnya yang telah   dijelaskan di posting lainnya tentang call center, melalui jaringan kota   ini Call Center semakin maksimal dengan proses jawaban internal   pemerintah tidak harus online untuk memberikan jawaban atau respon   terhadap masukan tersebut bila sedang berada dalam kota ata dikantornya   tetapi tidak membatasi akses jawaban atau respon dari pihak/dinas yang   berkaitan karena mereka tetap dapat mengakses layanan call center dan   menjawab secara online pula.
Layanan call   center ini berkaitan dengan proses tanya jawab yang dapat di layani   melalui layanan phone secara lokal tanpa mengeluarkan biaya telpon   seperti halnya dengan membuka line telpon disetiap kantor melalui telkom   dan tentu saja dari sekian jumlah line telpon tersebut tentu saja   dihasilkan efisiensi yang maksimal karena selain biaya telpon dan   internet setiap kantor digantikan oleh layanan terpusat untuk internet   oleh jaringan kota dengan kualitas jaringan yang lebih baik bahkan bisa menggunakan jaringan FO yang memberikan kecepatan akses yang lebih baik   yang dibiayai dari efisiensi line telpon tersebut, dapat dihitung biaya yang dapat dikurangi terutama oleh pemerintah kota/kabupaten.
     
  • Absensi Digital
Absensi   digital  saat ini lebih dihebohkan dengan istilah SIDIK JARI ONLINE,   padahal saat melakukan absensi tidak dilakukan secara ONLINE.  

Terus yang ONLINE apanya ? tentu saja laporannya saja yang online. Untuk lingkungan pemerintahan istilah online menjadi rancu karena aplikasi database pegawai tidak seharusnya di onlinekan, yang online adalah rekapan atau laporan data itu sendiri.Dapat dibayangkan bila suatu saat terjadi kondisi koneksi sedang bermasalah sehingga tidak bisa koneksi ke internet dan tidak bisa mengakses database absensi online tersebut.

Padahal yang   dibutuhkan adalah laporan absensi digital yang menghasilkan perhitungan   absensi yang akurat dan dalam waktu yang singkat sehingga mempermudah dalam segala kebutuhan laporan tentang absensi.

Online disini   lebih pada kemudahan akses rekap laporan itu sendiri, karena pegawai   juga tidak dibolehkan (dan tidak akan ;) dibolehkan) untuk melakukan   absen secara online karena mungkin saja aturannya memang belum   menjangkaui konsep tersebut atau karena pertimbangan kebijakan lainnya dan hal ini akan sangat mudah dilakukan bila sudah tercakup dalam jaringan WAN kota itu sendiri       
 
Dari   gambar WAN Kota di atas dapat dilihat setiap SKPD dihubungkan melalui   akses wireless di Tower BTS Wireless yang menyalurkan/merelay akses   lokal atau internet dari sumber koneksi yang di gambar berada di Kantor   Bupati karena dikantor bupati merupakan perkantoran dan sebagian dinas   berada diluar perkantoran tersebut.

Jaringan WAN Kota tersebut   terbentuk dari beberapa jaringan LAN di masing-masing gedung atau SKPD   yang dihubungkan ke jaringan WAN Kota sehingga konektifitas antar SKPD   dan antar gedung dapat tercapai secara maksimal.

Dari sekian   jumlah investasi yang telah dikeluarkan untuk menghubungkan semua SKPD   tersebut yang tak kalah pentingnya adalah PEMELIHARAAN, karena dengan   adanya WAN Kota tersebut sebenarnya masih merupakan cikal bakal dari   layanan lebih lanjut yang dapat diberikan oleh pemerintah kepada   masyarakat bahkan kepada aparat pemerintah sendiri untuk menunjang   aktifitas mereka.

Dari sekian banyak point positif dari   keberadaan WAN Kota tentu saja sangat disayangkan bila TRANSPARANSI   PUBLIK masih tidak dapat di maksimalkan dan masyarakat masih kesulitan   mendapatkan informasi dan layanan dari pemerintah mereka sendiri.

Terlepas   dari semua hal diatas kembali kepada kemampuan dan kapabilitas pemimpin   itu sendiri beserta aparat terkait dalam mengelola dan memanfaatkan   sumber daya alam dan manusia daerah itu sendiri.

 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : Mr. Puang

Selain aktif menulis dan mencatat di SulbarDOTcom, dirinya juga dikenal sebagai pecinta informasi dan teknologi, programmer dan pengembang sistem informasi - www.puang.com
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,191

web server monitoring service RSS