Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Accur tongani ateu Marere rapang sia Sawaq batammu Usenga, usalili."
Betapa remuk redamnya hatiku Hancur luluh bagaikan garam Disebabkan tubuhmu Yang selalu kukenang, senantiasa kurindukan
CATATAN SULBAR
Sistem Informasi perlukah ?
SulbarDOTcom - Sistem Informasi perlukah ?
Ilustrasi pengelolaan data.

 Penulis : Mr. Puang
 Selasa, 10 November 2015 19:21:06  | Dibaca : 593 kali
 
Sistem informasi merupakan produk teknologi saat ini, dengan pemanfaatan sistem informasi kita melangkah lebih maju dalam hal pengelolaan data. Teknik pengolahan data yang digunakan selama ini adalah pengolahan data manual dan masih banyak pemerintah daerah ataupun swasta yang masih melakukannya, padahal dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi proses pengolahan data bisa lebih efisien dan lebih cepat.

Ilustrasi adalah sebagai berikut :

Data yang dimiliki sebagai contoh data produk barang tertentu dengan jumlah sekitar 30 item, list item tersebut kalau kita umpamakan kita tulis secara manual dan secara kasar pun paling banyak memakan 2 lembar kertas atau bahkan bisa hanya satu lembar saja.

Tentu saja data tersebut dapat kita simpat di atas meja atau dilaci dan akan dengan mudah di cari kembali bila dibutuhkan atau memerlukan detail nama item tersebut.

Sekarang mari kita coba data tersebut kalikan 100 atau 1000, dan anda perlu mencari data tertentu apakah masih bisa ? kalau anda menjawab masih mudah, oke.. sekarang kita kalikan 1 juta item atau cukup lah 100.000 item silahkan mencari kembali.. apakah masih mudah ? dalam map tersebut bisa saja terdapat list item dan informasi detail dari masing-masing item produk tersebut, jadi kalau item anda sejumlah 30 dikalikan 30 detail data item tersebut berarti terdapat 31 lembar dalam map tersebut bila peritem informasi detailnya hanya satu lembar kalikan dengan jumlah rekap data per hari, perminggu, perbulan dan pertahun dapat dibayangkan kesulitan yang akan di hadapi bagian administrasi tersebut.

Wajarlah bila sebagian dari para pejabat pengolah data di pemerintahan atau dibagian asset atau arsip akan kesulitan membuat laporan tentang data yang tentu saja dalam jumlah yang sangat besar setelah bertahun-tahun dalam pengelolaan pemerintahan sejak negara kita merdeka.

Bagaimana sistem informasi dapat mempermudah pengelolaan data tersebut ?

Dengan memanfaatkan sistem informasi, semua data yang dimiliki sebagaimana ilustrasi diatas di masukkan ke dalam database sistem informasi yang sampai saat ini untuk penggunaan database mysql khususnya berdasarkan informasi https://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_relational_database_management_systems, kemampuan Database mysql menyimpan data adalah UNLIMITED Size, Max Table size sekitar 256TB, terrabyte loh bukan megabyte... apakah sudah ada di negara kita ini yang menyimpan data lebih dari 50 TB kecuali layanan cloud yang merupakan gabungan data dari beberapa instansi pemerintahan atau swasta dalam satu harddisk penyimpanan data, sedang cloud itu sendiri memanfaatkan beberapa server dengan teknik cloud digabung menjadi satu server data yang besar (hal ini akan kita bahas di lain waktu).

Berapa besar data anda ? anggaplah data anda merupakan data pegawai karena merupakan data dari pengelola data kepegawaian sebuah daerah.. per kabupaten data pegawai paling tinggi sekitar 20.000 data pegawai, sebagian lain kabupaten data pegawai hanya sekitar max 10.000 data tetapi dikalikan dengan data time series pertahun mereka dalam setahunnya berarti terdapat 12 data time series bulanan pertahunnya dikalikan jumlah tahun pengelolaan data.

Bila data di mulai dari tahun 2000 bulan januari, anda perlu mencari data tahun 2001 bulan februari, dengam sistem informasi prosesnya anda hanya butuh duduk didepan komputer atau laptop anda dan mulai mencari data berdasarkan data bulan dan tahunnya dan data tersebut akan muncul beserta arsip datanya berupa scan file bila dilengkapi dengan sistem informasi filling.

Waktu yang dibutuhkan paling lama 10 menit untuk dapat mencari data tersebut bila yang mencari data tersebut merupakan pegawai baru dikantor tersebut dan butuh 15 menit untuk memprint data tersebut tanpa perlu membuka file map satu-persatu untuk mencari data yang anda inginkan.

Bandingkan dengan metode pencarian data secara manual, berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mencari data tersebut ? ditambahkan pula terdapat beberapa pegawai dari instansi lain dan membutuhkan data dari tahun yang berbeda dan bulan berbeda pula ;)

Semua analisa kebutuhan PASTI membutuhkan data, bila data tidak tersedia tentu saja akurasi perencanaan berdasarkan analisa tersebut patut dipertanyakan.

Itulah di atas ilustrasi manfaat penggunaan sistem informasi dalam pengelolaan data baik di pemerintahan, swasta dan organisasi.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, seberapa pentingkah data anda ? sehingga membutuhkan Sistem Informasi. bila data anda tidak penting tentu saja tidak akan membutuhkan pendukung pengolahan data yang simple dan canggih.
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : Mr. Puang

Selain aktif menulis dan mencatat di SulbarDOTcom, dirinya juga dikenal sebagai pecinta informasi dan teknologi, programmer dan pengembang sistem informasi - www.puang.com
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,210

web server monitoring service RSS