Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Muaq polemi manini Di andiang rapanganna Iya issanna Lailaha Illallah."
Bila tiba kelak Yang tiada perumpamaannya Didalam pengetahuannya Oleh Yang Maha Agung
PERISTIWA
Walhi Sulbar Gelar Diskusi Jurnalistik
SulbarDOTcom - Walhi Sulbar Gelar Diskusi Jurnalistik


 Penulis
: MUHAMMAD IRSYAN
 Minggu, 17 Mei 2015 03:58:27  | Dibaca : 580 kali
 
Sulbar.com - Sebagai penguatan kapasitas individu dan penguatan sumber daya manusia sahabat Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) bertempat di Kantor Walhi Sulbar, digelar diskusi jurnalistik dan penulisan, 17 Mei 2015 siang ini.

Selain dihadiri sahabat Walhi, diskusi yang berlangsung serius santai itu, juga tampak dihadiri Direktur Eksekutif Walhi Sulbar, M. Ikhsan Welly yang dalam sambutan pembukaannya menyebutkan, gagasan diskusi yang digelar itu berangkat dari diskusi kecilnya bersama sahabat Walhi di Polewali beberapa waktu yang lalu.

"Fakta banyak menunjukkan, bahwa pembangunan tidak begitu banyak menyentuh soal-soal lingkungan. Hal itu tampak dari tidak banyaknya penulis yang secara khusus konsern ke penulisan lingkungan. Kita butuhkan berlahirannya para penulis yang secara serius mau mendorong massifitas pengelolaan lingkungan yang berbasis peradaban dan penyelamatan kemanusiaan," urai Iccang sapaan akrabnya.  

Lebih jauh Ia mengatakan, para penulis yang ada mestinya lebih banyak menyoroti soal-soal ketersediaan, ketahanan dan kedaulatan pangan yang ada di daerah ini, "karenanya kita butuhkan banyak pihak yang memiliki kemampuan dalam mengawal soal-soal lingkungan, termasuk dalam bentuk penulisan. Tidak terkecuali penulisan jurnalistik", ujar Iccang.

Pada diksusi yang digelar sejak pagi tadi, juga tampak dihadiri para sahabat dari SulbarDOTcom yang secara sengaja hadir untuk sama membangun kesadaran pentingnya melahirkan para wartawan dan jurnalistik serta penulis yang memiliki kepekaan lingkungan.

"Saya kira ini amat penting kita lakukan, dan Walhi telah menunjukkan keseriusannya dalam mendorong ini menjadi satu kerja nyata ke depan. Kita ingin ada banyak pihak yang lahir dari diskusi ini yang memang memiliki kepekaan alamiah dan tidak terjebak dengan banyak kepentingan pragmatis, seperti menulis sekedar hanya untuk dikenal oleh publik. Tetapi mari kita menulis karena kita memang memiliki keterpanggilan jiwa bersama untuk mengawal daerah ini. Dan minimal upaya kita adalah dengan menulis", tutur Sukri.

Sementara itu, dalam diskusi itu juga terungkap bahwa untuk menjadi jurnalis yang baik itu, haruslah dimulai dengan memiliki Kebiasaan menulis. Yang kedua seorang jurnalis haruslah memiliki idea, gagasan dan juga memiliki kesadaran untuk selalu berinovasi. Selanjutnya calon jurnalis harus bisa mengontrol emosinya guna mendorong penulis ke arah yang tidak menyamarkan emosinya ke dalam gagasan penulisannya.

Hingga berita ini diturunkan diskusi yang berlangsung serius santai itu, juga melibatkan beberapa mahasiwa dari Unsulbar dan Unasman serta UNM Makasssar serta komunitas V-Oric Majene masih berlangsung.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUHAMMAD IRSYAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, alumnus Unasman ini juga bergiat di Walhi Sulbar, PMII dan kader GP Ansor Cabang Majene

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 525,619

web server monitoring service RSS