Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Nadiondoq-i I Cicci Na di damo-damoi Tuo marendeng Diang bappaq dalleq-na."
Diayun puteri kesayangan Dengan belaian kasih sayang Panjang umur Semoga mendapat rezeki
FEATURE
Limbong Kamandang, Indah Namun Tak Begitu Terurus
SulbarDOTcom - Limbong Kamandang, Indah Namun Tak Begitu Terurus


 Penulis
: EDYZ PATTINJO
 Senin, 18 Mei 2015 10:25:34  | Dibaca : 3939 kali
 
Sulbar.com - Polewali Mandar (Polman) menyimpan begitu banyak panorama alam yang cukup pontensial menjadi obyek wisata. Salah satunya pesona air terjun Lembong Kamandang yang berada di Desa Kurra Kecamatan Tapango.

Tidak sulit mengakses rancang alam satu ini, roda dua maupun roda empat bisa dikendarai kesana, dengan jarak tempuh berkisar 35 km dari kota Polewali Mandar dengan medan beraspal dan jalan beton.

Panorama alam kawasan ini cukup menggiurkan. Tampak indah, asri dan natural. Udara yang sejuk karena balutan pepohonan yang rimbun dan hijau. Semakin indah dengan tirai-tirai air terjun yang menjulang dengan ketinggian 100 meter.

Suasana terik saat itu, tengah bulan lalu, ketika salah satu awak media SulbarDOTcom berkunjung dan menjadi bagian dari penikmat obyek wisata tersebut melihat dan berpapasan dengan sejumlah pengunjung sedang berpose, cukup mengagumi bentukan alam satu ini.

Namun sangat disayangkannya obyek wisata ini tidak dikelola dengan begitu baik, tidak tampak adanya fasilitas seperti gazebo, kamar ganti maupun WC.

"Obyek wisata alam ini cukup potensial, salah satu aset yang dapat memberikan kontribusi terhadap anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola dengan baik", ungkap Karim (30) salah satu pengunjung kala itu.

Kepala desa setempat, Haris mengatakan, pihaknya telah mengusulkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Polewali Mandar namun sampai saat ini belum mendapat respon dalam hal pengembangannya.

"Kami sudah masukkan permohonannya, namun sampai saat ini masih menunggu jawaban, semoga saja dapat terealisasi", tutur Haris.

Mantan aktivis kampus IAIN Makassar itu mengaku, kendati tidak ada fasilitas, selayaknya obyek wisata yang lain, namun sejauh ini air terjun Lembong Kamandang cukup sering dikunjungi wisatawan lokal. Seperti Majene dan Kabupaten Pinrang

Menurutnya, Pengunjung yang datang kami berikan kebebasan masuk tanpa biaya sepersenpun. Pasalnya, belum ada fasilitas tambahan yang tersedia untuk pengunjung.

Haris menambahkan, akses jalan menuju pusat obyek wisata alam dibangun atas swadaya masyakat setempat. Antusias warga menjadikan Lembong Kamandang sebagai salah satu obyek wisata di Plewali Mandar cukup tinggi. Terbukti setiap Jumat, warga secara bergotong royong menggelar Jumat bersih di area lokasi wisata tersebut.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : EDYZ PATTINJO

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat dengan dunia kepencinta alaman serta dunia pendidikan

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 599,259

web server monitoring service RSS