Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Inggai para sumobal Sipandalle-dalleang Andiang dalle Itamo sipodalle"
Marilah kita sma berlayar Sama mengadu nasib Tiada untung dan rezeki Kiranya kitalah saling menerima rezeki
PERISTIWA
Pergeralaran MBMM, Upaya Merawat Tradisi Mandar
SulbarDOTcom - Pergeralaran MBMM, Upaya Merawat Tradisi Mandar


 Penulis
: AMIRUDDIN
 Jumat, 22 Mei 2015 02:16:43  | Dibaca : 1077 kali
 
Sulbar.com - Dalam melestarikan budaya dan seni tradisional, sore kemarin, 21 Mei, Teater Kakanna bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, menggelar kegiatan yang bertajuk Menengok Balanipa Menyapa Mandar (MBMM). Yang berada lapangan Desa Bala Kecamatan Balanipa Polewali Mandar.

"Saya kira ini adalah, bahagian dari upaya menjaga dan melestarikan nilai tradisi Mandar, serta menfasilitasi dan mempererat ikatan tali silaturrahim para pelaku seni yang ada di Sulawesi Barat," sebut, Hj. Warliah Arsyad, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat di sela acara pembukaan kepada SulbarDOTcom.

Warliah menyebutkan, kegiatan ini adalah bentuk upaya pihaknya untuk melibatkan kelembagaan kesenian yang memang hendak serius mengurusi event seni budaya. "Ini adalah upaya kami memberikan kesempatan kepada para pelaku kesenian untuk secara serius menjadi penyelenggara kegiatan ini. Hanya saja kami meminta kepada setiap lembaga kesenian yang menjadi mitra kami kiranya dapat juga memahami secara detail tata cara pelaporan dan penggunaan administrasi keuangan. Karena dana yang kita gunakan adalah dana negara. Karenanya harus dipertanggung jawabkan secara detail dan serius," urainya.  

Dalam kesempatan yang sama, Adil Tambono Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan, kegiatan pergelaran ini merupakan kegiatan yang kali pertama diseleggarakan di desa Bala Kecamatan Balanipa, dan kegiatan ini akan di gelar selama 3 hari yang akan dimeriahkan sedikitnya 18 Komunitas Budaya Seni yang yang ada di Sulbar.

Sementara itu, Darwin Badaruddin yang hadir mewakili Bupati Polewali Mandar dalam pembukaan event itu mengatakan, acara ini adalah salah satu kegiatan yang wajib memberikan ruang berapresiasi, mengingat acara ini sangat penting ditengah arus perkembangan yang mulai menggilas kesenian tradisi.

"Kebudayaan adalah sebuah identitas kita karna kebudayaan ini terbentuk dari kondisi alam, pola fikir, lalu kemudian menjadi sebuah karya. Terkhusus di Balanipa ini yang menjadi kantong-kantong Pembinaan kesenian yang ada di Sulawesi Barat", ujar Darwin.

Sekedar diketahui, sebelumnya SulbarDOTcom juga menurunkan laporan yang sama terkait rencana penyelenggaraan kegiatan ini. Saat itu Adil menyebutkan, kegiatan yang digelar itu murni berangkat dari kegelisahannya pada kenyataan minimnya ruang untuk berkreasi bagi penggelisah kesenian. Sehingga baginya penting untuk digelar event serupa ini.

"Ada banyak even yang digelar. Dalam pandangan saya, ini adalah bukti betapa di daerah ini, utamanya di Balanipa atau Polewali Mandar kegelisahat itu tak pernah surut, namun disayangkan sedikitnya ruang yang baik. Sehingga bagi saya penting ada ruang yang representatif bagi pekerja kesenian", tutur Adil yang juga dikenal sebagai pembina pada beberapa komunitas kesenian yang belakang bertumbuh subur di Polewali Mandar ini.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : AMIRUDDIN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, alumnus UNM ini juga banyak aktif dalam dunia kesenian

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,244

web server monitoring service RSS