Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Nadiondoq-i I Cicci Na di damo-damoi Tuo marendeng Diang bappaq dalleq-na."
Diayun puteri kesayangan Dengan belaian kasih sayang Panjang umur Semoga mendapat rezeki
FEATURE
Abdul Wahab, Hakikat Pemimpin Adalah Pelayan
SulbarDOTcom - Abdul Wahab, Hakikat Pemimpin Adalah Pelayan


 Penulis
: MUHAMMAD IRSYAN
 Jumat, 22 Mei 2015 02:19:05  | Dibaca : 838 kali
 
Sulbar.com - Kamis, 21 Mei lalu. Usai shalat Isya, SulbarDOTcom coba menyambangi kediaman salah sorang figur pemimpin Kabupaten Majene. Ruangan yang lumayan Kecil, bercat putih, seakan menggamit ingatan kita pada kesederhanaan dan kewibawaan salah seorang figur yang telah lama mengembang amanah dari masyarakat Kabupaten Majene sebagai legislator. Dialah Abdul Wahab, SH., salah satu figur yang belakangan disebut-sebut masyarakat Majene akan ikut mengisi daftar pasangan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Pendidikan itu.

"Ini penting, bagi seluruh figur dan calon pemimpin di tanah Mandar, bahwasanya untuk memulai semua ini diperlukan usaha untuk mengubah keadaan", ujarnya dalam nada santai.

Keadaan yang dimaksud olehnya, adalah paradigma masyarakat yang dominan, jarang berinteraksi dengan para pemangku jabatan, "ada banyak faktor, yang mempengaruhi dalam diri masyarakat, diantaranya ketidak setaraan status, adanya jarak dengan pemerintah, mental fsikis masyarakat yang minder dan lain sebagainya", tuturnya.

Bagi AW, sapaan karibnya, untuk menopang adanya interaksi antara masyarakat dan pemerintah haruslah dimulai dari sang pemerintah, "bahwasanya, pemerintah sebagai pelayan masyarakat harus memposisikan diri sebagai pelayan, bukan yang dilayani", terang AW.

Interaksi sosial, menurut, legislator yang pengacara ini, memang harus selalu dibangun, "ini tidak akan hanya berpengaruh pada sisi pribadi seseorang, melainkan ini bisa mempengaruhi intensitas kita sebagai seorang pengayom masyarakat. Sebagai pemerintah dan masyarakat, idealnya tidaklah memiliki jarak untuk interkasi", ucapnya dalam nada serius.

Baginya, jarak antara pemerintah dan masyarakat, imbasnya adalah tidak akan ada interaksi yang harmonis dalam suatu daerah, pemerintah seharusnya selalu mendengar apa aspirasi mereka, bukan malah menjauhi mereka hanya dengan persoalan perbedaan tahta dan kekuasaan. Inilah inti dari sebuah pemerintahan. Pelayanan masyarakat memang harus diutamakan, entah itu di bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan sebagainya. Butuh keseriusan untuk merealisasikan hal sepenting ini, aspirasi masyarakat adalah kunci untuk mencapai kestabilan pemerintahan di suatu daerah, maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk membatasi jarak dengan masyarakat", terang, AW dengan nada serius pula santun.

Perhatian dan pelayanan ke masyarakat adalah hal yang terpenting, bagi Abdul Wahab,SH. "Interaksi dan nilai kebersamaan memang harus ditumbuhkan, tidak adanya batas dan jarak antara pemerintah dengan masyarakat adalah kunci seseorang untuk mengukuhkan diri sebagai khalifah yang bersahaja di muka bumi", tandasnya.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUHAMMAD IRSYAN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, alumnus Unasman ini juga bergiat di Walhi Sulbar, PMII dan kader GP Ansor Cabang Majene

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,212

web server monitoring service RSS