Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Bismillah akkeq letteqna Alepuq pelliaqna Turang loana Lailaha Illallah."
Bismillah angkat kakinya Alif langkahnya Tutur katanya Lailaha Illallah
FEATURE
Penutupan MBMM, Dari Jidat Mengkerut Hingga Tertawa Ngakak
SulbarDOTcom - Penutupan MBMM, Dari Jidat Mengkerut Hingga Tertawa Ngakak


 Penulis
: AMIRUDDIN
 Minggu, 24 Mei 2015 20:18:50  | Dibaca : 696 kali
 
Sulbar.com - Spektakuler. Rasanya kata itu tak terlalu berlebihan jika diletakkan pada acara malam puncak penutupan Menengok Balanipa, Menyapa Mandar (MBMM) yang digelar selama tiga hari, 21-23 Mei di Lapangan Gas Bala Kecamatan Balanipa.

Betapa tidak, malam puncak penutupan yang dilangsungkan hingga di titik pukul 24.00 dengan beragam pertunjukan kesenian dan orasi. Mulai dari yang pertunjukan serius yang membuat jidat mengkerut karena butuh menafsiran lebih yang khusyuk hingga pertunjukan yang mengocok perut dan membuat ngakak para penonton itu, tampak hadir di atas panggung yang syarat dengan pernak pernik yang diambil alam Mandar.  
 
Malam Minggu, 23 Mei lalu itu tampak cerah. Tak ada hujan yang basah, kecuali wajah-wajah ceria dan penuh antusias untuk menyaksikan pertunjukan dan persitiwa kesenian yang menghadirkan para budayawan,seniman, politisi, pejabat daerah, dan tokoh masyarakat yang sengaha hadir untuk menyaksikan peristiwa kebudayaan yang digagas oleh komunitas Teater Kakanna dan bekerja sama dengan Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Povinsi Sulawesi Barat ini.

Beberapa Komunitas seni tanpa hadir dengan seperangkat materi-materi karyanya dengan beragam teman dan gaya pertunjukan, mulai dari Teater Flamboyant Mandar, Kosaster SIIN Unasman, Komunitas Sure’ Bolong, M. Syariat Tajuddin, Ladang Tari Labada, Komunitas Sossorang, Lingkar Musik Uwake, Komunitas Sure Bolong, Sanggar Tie-tie, dan Teater Ampat Majene.

Selain pertunjukan, malam itu, acara penutupan juga diselingi dengan penyerahan hadiah lomba lomba palla’layang (layangan-red) oleh Sahrir Hamdani. Sedang, untuk hadiah lomba mandoang (memancing-red) sebagai rangkaian dari acara MBMM itu yang juga digelar siang hari sebelum malam penutupan, secara simbolis diserahkan langsung oleh M. Syariat Tajuddin, Ketua Dewan Kesenian Sulawesi Barat.

Mujirin M Yamin, Ketua KAP Balanipa dalam orasinya menyebutkan, salah satu yang melatari perjuangan pembentukan Kabupaten Balanipa yang terus didengunkan adalah karena factor sejarah dan nilai budayanya, "sejarah masa lampau tidak bisa kita hilangkan agar dapat menjadi spirit membawa pembangunan yang lebih baik dengan mewarisi nilai-nilai leluhur di masa lampau, saya harap kegiatan ini dapat mengangkat dan memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal kepada masyarakat umum", tutur Muhajiri.M. Yamin saat mendapat kesempatan naik ke atas panggung.

Sementara itu, Adil Tambono, Ketua Panitia yang tampil memberikan laporan penutupannya, beberapa saat setelah semua penonton ngakak dan dikocok perutnya oleh pertunjukan Teater Ampat Majene yang menampilkan pakkayue yang berceritera tentang proses pelamaran yang satiris pula membanyol itu, mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah semata-mata untuk mempererat silaturrahim melalui nilai-nilai seni budaya Mandar serta menggali dan melestarikan potensi seni budaya tradisional.

"Kegiatan ini  memiliki arti tersendiri bagi kita semua dimana sejak pembukaan hingga penutupan mendapat perhatian dan rasa antusias yang tinggi dari masyarakat Bala. Kami berterima kasih atas semua bentuk sambutan postipnya di acara yang kami selengarakan ini. Semoga menjadi penanda bahwa peradaban kita di Mandar ini menjadi perabadan yang dilengkapi manusia-manusia yang sadar pada nilai seni dan budaya yang adiluhung", tandas adil dalam nada yang tegas di Depan Toyang Roeng properti yang terletak di samping kanan panggung sebagai simbol tradisi permainan rakyat Mandar.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : AMIRUDDIN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, alumnus UNM ini juga banyak aktif dalam dunia kesenian

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
sriyuniati :
Minggu, 24 Mei 2015 20:18:50
kalo'ada videox boleh dong dishare kekita....
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 546,709

web server monitoring service RSS