Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Tania passobal Muaq mappelinoi Lembong di tiaq Mipatada di pottanaq."
Bukan awak perahu Bila menunggu tenangnya ombak, redanya badai Sebab ombaklah Yang membawa hingga dapat tiba di daratan
PERISTIWA
Antisipasi Konflik Pemilukada, Kesbang Mateng Gelar Sosialisasi
SulbarDOTcom - Antisipasi Konflik Pemilukada, Kesbang Mateng Gelar Sosialisasi


 Penulis
: MUH. MUHSIN R
 Kamis, 4 Juni 2015 09:22:22  | Dibaca : 750 kali
 
Sulbar.com - Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada), siang tadi, 04 Juni 2015, Kantor Kesatuan Bangsa Mamuju Tengah (Mateng), menggelar sosialisasi keamanan dan ketertiban di Gedung Olah Raga Tobadak agar Pemilukada pertama bagi kabupaten yang baru terbentuk tahun 2009 lalu itu dapat berlangsung bersih dan aman.

Kegiatan ini bertujuan selain untuk mengantisipasi sejak dini kemungkinan terjadinya konflik di masyarakat juga dimaksudkan agar masyarakat  dapat lebih memahami hak dan kewajiban menggunakan hal pilihnya dalam Pemilukada.

Hadir selaku pembicara pada acara yang menghadirkan seluruh kepala desa dan camat se-Kabupaten Mateng itu, Sekertaris Daerah Mateng Drs. Amin Jasa MM, Ketua DPRD Kabupaten Mateng, H  Arsal Aras SE, Ketua Badan Pengawasan Pemilu, Busram. Serta Komisioner KPU Sulbar, Mursalim S.Ag dan Kapolres Mamuju Tengah.

Dasar terselenggaranya kegiatan ini merujuk kepada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pengamanan Pemilukada, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pemilukada serentak di seluruh wilayah Indonesia dan Surat Keputusan Bupati Mateng tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Mateng, H Arsal Aras SE menjelaskan, antisipasi dini keamanan dan ketertiban Pemilukada pertama ini seyogyanya bukan sepenuhnya urusan pemerinah namun seluruh lapisan masyarakat harusnya dapat bekerja sama untuk menyelenggarakan dan menjaga keamanan demi terselenggaranya Pemilukada yang pertama kali dilakukan oleh Kabupaten Mamuju Tengah.

Sementara itu, Amin Jasa, dalam sambutannya menyebutkan, sebagai Kabupaten yang masih tergolong sangat muda di Provinsi Sulawesi Barat dan terdiri dari 5 Kecamatan yakni Topoyo, Tobadak, Pangale, Budong-Budong dan Karossa dengan Jumlah keseluruhan Desa 54 Desa harusnya menunjukkan sikap yang baik kepada kabupaten-kabupaten lain utamanya terkait dengan upaya menyuskseskan Pemiluka kali yang pertama ini.

“Terlebih pemerintah daerah telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan Pemilukada ini, itu terbukti, dalam hal pendanaan yang tidak tanggung-tanggung. Kita sudah mengalokasikan dana yang sangat besar untuk ukuran kabupaten muda, hingga kurang lebih 10 miliar untuk kesuksesan pemilukada Mateng”, ujar Amin Jasa.

Berbagai masalah mengemuka pada saat sesi tanya jawab dibuka oleh panitia, mulai dari masalah daftar pemilih yang tercatat, namun tidak memiliki surat panggilan untuk memenuhi hak suaranya sampai kepada permasalahan logistik dan masalah penggelembungan suara yang ditengarai sering mewarnai setiap penyelenggaraan Pemilukada di beberapa tempat.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir setiap masalah yang kemungkinan akan timbul. Termasuk yang ada di desa-desa, agar nantinya Pemilukada yang kali pertama akan kita gelar ini, dapat berlangsung aman tertib serta baik. Sekaligus menjadi cerminan bagi masyarakat Mateng bahwa kita kendati baru kali pertama melaksanakan Pemilukada, namun telah mampu memberikan contoh yang baik bagi kabupaten lain”, tutur Mursalim kepada SulbarDOTcom.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUH. MUHSIN R

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga menjadi salah satu Pendiri KPA Kalpataru Sulbar

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 525,650

web server monitoring service RSS