Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Accur tongani ateu Marere rapang sia Sawaq batammu Usenga, usalili."
Betapa remuk redamnya hatiku Hancur luluh bagaikan garam Disebabkan tubuhmu Yang selalu kukenang, senantiasa kurindukan
FEATURE
Peringati Hari Lingkungan Hidup Mapala Unasman Gelar Bersih Pantai
SulbarDOTcom - Peringati Hari Lingkungan Hidup Mapala Unasman Gelar Bersih Pantai


 Penulis
: EDYZ PATTINJO
 Selasa, 9 Juni 2015 08:31:56  | Dibaca : 645 kali
 
Sulbar.com - Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Meski banyak orang yang tak terlalu ambil pusing dengan peringatan ini, namun tak sedikit pula yang memeriahkannya. Sebagai lembaga pemerhati lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Al-Asyiariah Mandar (Unasman) menjadikan moment tersebut untuk menggelar aksi bersih dikawasan pantai Polewali.

Penyisiran membersihkan kawasan pantai dari sampah plastik tersebut dimulai diwilayah perbatasan Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Desa Paku, Kecamatan Binuang hingga ujung pantai birbon Kelurahan Manding selama dua hari (5-7/6) kemarin.

Menurut Nawawi (24) Ketua Umum Mapala Unasman kepada SulbarDOT.com, saat ditemui dilokasi kegiatan tersebut mengatakan, dirinya sangat prihatim dengan banyaknya sampah plastik disepanjang pantai tersebut. "Terutama sampah plastik karena, sampah plastik ini tidak dapat terurai dalam tanah sehingga tidak hanya memperburuk pemandangan juga menghambat pertumbuhan mangrove serta dapat mengancam biota laut," jelasnya.

Sambil sesekali mengusap keringat di jidatnya. Dengan ramah ia kembali menuturkan, menjaga kebersihan itu bukan hal mudah apalagi menjaga kelestarian lingkungan. Butuh kesadaran tinggi, butuh kebiasaan, sehingga bisa menjadi budaya.

"Masalah sampah adalah tanggung jawab semua orang. Lingkungan yang bersih adalah impian setiap orang namun hanya bisa didapat jika setiap orang juga mampu menjaga kebersihan dan keindahan tersebut,"ujar Nawawi.

Sampah yang menjadi musuh utama  tak banyak yang tersisah saat itu. Tampa mendapatkan bayaran atau janji apapun. Ketika lazimnya adalah keterpanggilan jiwa dan keiklasan nurani semata. Pantas saja, tak sedikit menuai respon positif dari dari sejumlah kalangan. Haris (35) misalnya, warga Dusun Sappoang. Saat SulbarDOT.com bertemu dalam waktu tak terduga. Ditengah obrolan menyisihkan kekagumannya. " Ini pekerjaan mulia. Tidak banyak orang yang mampu berbuat seperti ini,"katanya dalam nada salut.

Untuk membereskan masalah sampah menurut Haris, butuh keterlibatan dan kesadaran semua pihak. Terutama keterlibatan pemerintah dalam pengadaan sarana dan prasarana serta sosialisasi akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. "Jika tidak, masalah ini takkan selesai," katanya.

"Padahal jika lingkungan bersih, fikiran jadi sehat serta terbebas dari ancaman penyakit,"tandas Haris, mantap.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : EDYZ PATTINJO

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat dengan dunia kepencinta alaman serta dunia pendidikan

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 525,593

web server monitoring service RSS