Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Dotai sisaraq Salakka annaq uluttaq Dadi tia sisaraq Loa tongatta."
Lebih baik berpisah Badan dengan kepala Dari pada berpisah Ungkapan yang telah diucapkan
PERISTIWA
Rektor Unasman Bantah Keluarkan Ijazah Palsu
SulbarDOTcom - Rektor Unasman Bantah Keluarkan Ijazah Palsu


 Penulis
: EDYZ PATTINJO
 Selasa, 16 Juni 2015 06:30:18  | Dibaca : 1309 kali
 
Sulbar.com - Melalui konprensi pers yang diselenggarakan di kampus Unasman, Senin (15/6) kemarin, Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Sulawesi Barat, Chuduriah Sahabuddin membantah adanya dugaan pihak institusi kampus yang dipimpinnya itu melakukan praktek penyedia ijazah palsu.

Menurutnya, orang yang membeli ijazah bukan bagian dari kampus unasman. "Pelaku tidak pernah melalui proses akademik, namanya tidak pernah tercatat dalam Sistim Pelaporan", tegasnya.

Senada dengan itu, kepala biro Administrasi Umum dan Keuangan Unasman. Sulihin Azis juga menegaskan, kampus Unasman secara institusi adalah legal, akan tetapi menurutnya yang tidak legal adalah ijazah yang dikelolah diluar dan mencatut atas nama unasman. Sehingga tidak sedikitpun keterlibatan sistem yang ada di Unasman terkait pemalsuan ijazah tersebut.

Kendatipun saat ini, pihak kepolisian Polewali Mandar telah mengamankan pelaku penyedia ijazah palsu. Akan tetapi pelaku tersebut bukan bagian dari pejabat Unasman. "Tercatat sejak 2009 lalu, pelaku bukan pejabat Unasman lagi, jadi itu orang luar yang main sendiri", kata Sulihin.

Didepan awak media, Sulihin menjelaskan, ijazah palsu itu tipenya ada dua yaitu, ijazah asli tapi palsu alias aspal, dimana ijazah tersebut dibuat dengan melibatkan pejabat kampus. Sementara tipe yang kedua adalah jenis ijazah yang betul-betul palsu seratus persen, dimana dalam pembuatannya sama sekali tidak melibatkan institusi kampus. Dan menurutnya, inilah yang terjadi di Unasman saat ini.

"Ijazah tersebut seratus persen palsu karena tanda tangan yang tertera pada ijazah baik Rektor maupun Dekan dan stempel pengesahanpun palsu. Itu dibuat secarah mandiri oleh pelaku di rumahnya, tanpa melibatkan pejabat kampus Unasman", bebernya.

Terkait adaya ijazah palsu tersebut, Sulihin mengatakan, pihaknya telah melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian jauh hari sebelum praktek pemalsuan ijazah itu menjadi booming ditanah air.

"Sebelum issue nasional pembebasan perguruan tinggi dari kasus ijazah palsu, kasus ini sudah bergulir dua bulan sebelumnya, berawal ketika pengguna ijazah palsu itu melakukan pelaporan kepihak kepolisian", tambahnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran pihak kepolisian yang membongkar kasus pemalsuan ijazah yang mengatasnamakan Unasman. "Semoga pihak kepolisian dapat mengusut bagi penyedia dan mereka yang selama ini menggunakan ijazah palsu tanpa mengikuti proses perkuliahan perguruan tinggi", tutup Sulihin.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : EDYZ PATTINJO

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga banyak terlibat dengan dunia kepencinta alaman serta dunia pendidikan

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 525,634

web server monitoring service RSS