Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Dotai sisaraq Salakka annaq uluttaq Dadi tia sisaraq Loa tongatta."
Lebih baik berpisah Badan dengan kepala Dari pada berpisah Ungkapan yang telah diucapkan
PERISTIWA
Di Majene, Tradisi Bangunkan Sahur Dilombakan
SulbarDOTcom - Di Majene, Tradisi Bangunkan Sahur Dilombakan


 Minggu, 12 Juli 2015 08:23:43  | Dibaca : 709 kali
 
Sulbar.com - Membangunkan sahur mengitari kampung atau kompleks perumahan sejak lama sudah menjadi tradisi di berbagai daerah, di Majene untuk mendorong kreatifitas saat membangunkan sahur digelar lomba khusus untuk itu. Disamping lomba membangunkan sahur, kegiatan ramadan di Majene juga disemarakkan dengan kegiatan lomba tabuh beduk dan lomba kendaraan hias takbiran.

Salah seorang penitia lomba, Muhammad Arief, Minggu (12/07) kepada SulbarDOTcom menjelaskan tahun ini merupakan yang ke Empat kalinya digelar lomba tersebut. Arief yang juga seorang guru SMP itu mengatakan antusiasme peserta dari tahun ke tahun semakin meningkat, untuk tahun ini lomba membangunkan sahur diikuti lebih dari 20 tim dari remaja masjid se kabupaten Majene.

“Panitia menilai cara mereka membangunkan sahur, teruama juga bagaimana bahasa yang diucapkan saat membangunkan orang makin sahur, initnya dilihat dari kreatifitas yang dilakukan dengan tetap berpegang pada ucapan dan musik yang sesuai,” kata Arief.

Ia menyatakan kegiatan lomba kreatifitas Ramadhan di Majene ini kerjasama antara BKPRMI, PHBI dan didukung pemkab Majene. Diharapkan dengan lomba seperti ini akan menyebarluaskan syiar Islam dan juga mendorong kreatifitas pemuda khususnya dalam seni budaya Islam.

Sementara itu, lomba menabuh beduk juga menambah kesemarakan bulan suci. lomba menabuh yang dipusatkan di halaman boyang Assamalewuang ini sejak pertama kali dibuka Jumat (10/07) sangat meriah. Disamping semarak karena tabuhan beduk diiringi syalawat tim peserta lomba, suasana meriah juga terjadi karena tim yang berlomba mendapat dukungan dari para “suporternya” masing–masing.

Salah seorang warga Lipu, Kecamatan Banggae Timur, Ahmad yang datang secara khusus ke Assamalawuang untuk mendukung tim tabuh beduk remaja Masjid Nurul Mustaqim Lipu mengaku sangat mengapresisasi kegiatan seperti ini  karena menjadi sarana meningkatkan pemahaman nilai – nilai keagamaan pada generasi muda.

“Dari pada ikut balapan liar atau main petasan, kita perlu mendorong remaja untuk aktiv di kegiatan keagamaan, tentunya agar menarik minat remaja, acara semarak dengan diiringi tabuhan beduk seperti ini sangat cocok,” kata Ahmad.
[FHN/MRX]
 
Tag : majene
 
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 525,595

web server monitoring service RSS