Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Muaq purami di palandang Pemali diliaiq Muaq purami di pobambaq Pemali di peppondoq-i."
Jika sudah terbentang Pantang dilangkahi Bila sudah diikrarkan Pantang membelakangi
PERISTIWA
Relawan TIK Masuk Desa
SulbarDOTcom - Relawan TIK Masuk Desa


 Penulis
: MUH. MUHSIN R
 Senin, 14 September 2015 06:29:47  | Dibaca : 423 kali
 
Sulbar.com - Tidak ingin dinilai lamban dan tidak serius menghadapi keterbelakangan tekhnologi di Tanah Mandar khususnya di Polewali Mandar, Relawan TIK Sulawesi Barat yang berada dibawah naungan Kementerian Kominfo Republik Indinesia menggelar kegiatan masuk desa. Kegiatan yang diselenggarakan sejak 1 hingga 5 September lalu itu dimaksudkan sebagai bahagian dari aplikasi deklarasi relawan yang jadi ideologi relawan TIK se-Indonesia agar masyarakat dapat mengetahui tentang tekhnologi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Menurut Ketua Umum Relawan TIK Sulbar, Muh. Imaduddin rencananya khusus untuk Polman pihaknya sudah bisa merampungkan seua agenda kegiatannya di akhir Desember mendatang. "Jujur kami sedang mengejar terget program kami, dimana program kami didasarkan pada Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang menyatakan, keterbukaan informasi sebagai kewajiban bagi penyelenggara pemerintahan. Disini, pemerintah wajib menyampaikan informasinya kepada masyarakat, baik  informasi tentang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan tata kelola pemerintahan. Dimana pemerintah desa merupakan  bagian  dari  struktur  pemerintahan  yang  berhubungan  langsung dengan warga  sehingga menjadi  gerbang pertama pelayanan dan pemenuhan hak informasi warganya," ujarnya.
 
Berdasar pada itulah, menurut Dia, pihaknya merasa perlu untuk terjun langsung ke desa desa yang bersedia menyambut baik perubahan pola fikir. Khususnya dalam bidang tekhnologi agar nantinya keterbukaan informasi dari desa ke masyarakat bahkan ke khalayak luas itu bisa terwujud.

"Tidak hanya itu, masyarakat pun bisa langsung memberikan umpan balik terhadap setiap informasi-informasi yang tersaji, sehingga suasana komunikasi yang sehat dan bersinergi  akan terbangun dengan baik," urai Imaduddin di Desa Renggeang yang menjadi salah satu basis program TIK Sulbar.

Seirama dengan itu, Hendra ketua umum relawan TIK Polewali Mandar juga mengaku pihaknya bersedia untuk memberikan pelatihan dalam bdang IT, "kami juga bersedia memberikan pelatihan kepada masyarakat, pemuda desa bahkan siswa siswi yg ada didesa bagaimana cara memanfaatkan internet cerdas kreatif dan produktif. Selama itu bisa menjadi acuan untuk menjalankan website desa tersebut, karena target kami supaya desa desa yg ada di Polewali Mandar memiliki website masing masing desa dari 167 desa di Polman," sebutnya.
 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUH. MUHSIN R

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga menjadi salah satu Pendiri KPA Kalpataru Sulbar

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,209

web server monitoring service RSS