Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Naiya Mara'dia, tammatindoi di bongi, tarrare di allo, namandandang mata dimamatanna daung ayu, dimalimbongna rura, dimadzinginna lita', diayarianna banne tau diatepuanna agama"
Sesungguhnya seorang raja, tidak akan terlena dalam lelap tidur di keheningan malam, tidak akan berdiam diri atau berpangku tangan di waktu siang hari, namun harus berpikir dan berupaya sera berikhtiar untuk meningkatkan hasil perikanan di tambak, terciptanya ketentraman dan kedamaian demi kelangsungan hidup manusia serta sempurnanya agama
PERISTIWA
Unsulbar Bulatkan Tekad Cegah dan Berantas Korupsi
SulbarDOTcom - Unsulbar Bulatkan Tekad Cegah dan Berantas Korupsi


 Penulis
: FARHANUDDIN
 Rabu, 16 September 2015 23:11:52  | Dibaca : 593 kali
 
Sulbar.com - Gerakan melawan korupsi terus disuarakan, kali ini ratusan mahasiswa, dosen dan staf Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) membulatkan tekad untuk ikut dalam barisan mencegah dan memberantas korupsi. Sikap itu disuarakan citivitas akademika Unsulbar di sela acara sosialisasi pencegahan korupsi yang digelar BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Sulbar bekerja sama dengan Unsulbar, acara tersebut berlangsung di aula kantor bupati Majene, Rabu (16/09) kemarin.

Rektor Unsulbar Akhsan Djalaluddin dalam sambutannya pada pembukaan acara, mengaku mengapresiasi langkah BPKP bekerja sama dengan pihak kampus dalam upaya menyebarkan semangat dan gerakan anti korupsi. "Kedepan kita berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, termasuk juga penting untuk pemahaman tentang aspek hukum," kata Akhsan yang juga doktor bidang pertanian.

Kepala BPKP Sulbar Wasis Prabowo mengatakan sosialiasi ke kampus-kampus merupakan salah satu upaya BPKP membangun sinergi dengan lembaga pendidikan tinggi dalam rangka mencegah dan memberantas tindakan korupsi. "Sebelum di Unsulbar, sosialisasi tentang gerakan anti korupsi seperti juga sudah pernah dilaksanakan (BPKP-red) di kampus di Mamuju," katanya.

Para mahasiswa, dosen, staf Unsulbar serta pejabat Pemkab Majene antusias mengikuti acara ini, di awal materinya, staf BPKP Sulbar Sasana D.A menjelaskan tentang definisi korupsi, hal -hal yang termasuk korupsi serta bagaimana keterlibatan mahasiswa dalam mencegah dan memerangi korupsi.

Menurutnya, memberikan atau menjanjikan barang atau sesuatu kepada PNS (ASN) atau penyelenggara negara dapat dikategorikan tindak korupsi. Ia menghimbau sejak dini, penting ditanamkan sikap jujur dalam kehidupan sehari- hari.

"Mencontek di kelas itu misalnya, merupakan tindakan tidak jujur. Itu menjadi cikal bakal terjadinya perilaku korupsi, mahasiswa sejak awal harus berani bertindak jujur, pasti akan menjadi orang hebat," kata Sasana.

Dalam acara yang diikuti mahasiswa, dosen Unsulbar tersebut juga tampak dihadiri wakil bupati Majene, Fahmi Massiara serta puluhan pejabat pemkab Majene lainnya. Pada sesi tanya jawab, mahasiswa dan Dosen Unsulbar antusias bertanya dalam sesi dialog, mereka menyatakan siap dan mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. "Pencegahan korupsi harus dimulai juga dari diri kita sendiri, kita wajib berlaku jujur dan mematuhi peraturan, contoh kecil misalnya ketika di jalan kita patuhi lampu lalu lintas," kata Nurlela Tasrif, dosen Agribisnis Unsulbar.
 
Tag : majene
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : FARHANUDDIN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, dirinya juga tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Sulawesi Barat
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,203

web server monitoring service RSS