Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Muaq purami di palandang Pemali diliaiq Muaq purami di pobambaq Pemali di peppondoq-i."
Jika sudah terbentang Pantang dilangkahi Bila sudah diikrarkan Pantang membelakangi
PERISTIWA
Kembali, Angota DPD Asal Sulbar Sosialisasikan Empat Pilar
SulbarDOTcom - Kembali, Angota DPD Asal Sulbar Sosialisasikan Empat Pilar


 Rabu, 21 Oktober 2015 22:19:55  | Dibaca : 715 kali
 
Sulbar.com - Setelah beberapa waktu yang lalu sebagaimana diberitakan SulbarDOTcom KH. Muhammad Syibli Sahabuddin Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sulawesi Barat menggelar Sosialisasi Empat Pilar di Desa Mapilli Kecamatan Luyo, kembali melalui Pengajian Kebangsaan pihaknya menggelar kegiatan yang sama. Namun kali ini, Gelar Sosialisasi Empat Pilar yang diramu dalam bentuk kegiatan pengajian digelar di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene Sulawesi Barat.

Dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar yang digelar Minggu, 27 September 2015 lalu tersebut, Syibli menyampaikan bahwa, setiap zaman memiliki sejarah yang berbeda, pemikiran-pemikiran yang berbeda dan tokoh-tokoh yang berbeda jua.

"Dan Islam yang diklaim sebagai agama yang komprehensif, baik dari kalangan intern maupun kalangan ekstern- bahkan orientalis sekalipun juga mempunyai cerita tersendiri dalam sejarah ke-tata negaraannya. Bermula sejak Nabi telah memilki konsep dasar dalam bernegara. Terbukti dengan adanya penyebutan dalam sejarah yaitu adanya negara Madinah, yang dianggap merupakan praktek bernegara pertama yang dilakukan Nabi," ujarnya dihadapan Jamaah Pengajian yang berasal dari berbagai kalangan.

Ia menyebutkan, dalam konsep ketatanegaraan itu, juga termaktub hak azazi manusia, serta penanaman sikap tenggang rasa antar sesama umat beragama. "dikatakan demikian, karena pada saat itu umat Yahudi juga hidup berdampingan dengan umat Islam di Madinah," sebutnya.

Kendati menurut Syibli, dalam Al-Quran sendiri tidak ditemukan adanya petunjuk eksplisit pada ayat-ayatnya mengenai tata cara bernegara dalam Islam, melainkan hanya melalui penyebutan prinsip-prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari. juga pola pemerintahan yang dianjurkan menurutnya adalah tipe pemerintahan yang dicontohkan oleh Rasulullah (negara-kota Madinah), dan juga pola pemerintahan pada masa Khulafaurrasyidin, mereka tidak menghendaki umat Islam meniru pada pola pemeritahan yang dipakai oleh Barat.

"Saya pikir ini adalah prinsip-prnsip yang termaktub di dalamnya itu, bisa kita aksentuasikan kembali dalam sistem ketatanegaraan kita, utamanya terkait dengan penghargaan kita terhadap perbedaan dan pluralitas. Intinya kini adalah, bagaimana kita membangun negara ini di atas empat pilar dengan tetap memberikan penghargaan terhadap perbedaan. Sebagaimana sejarah ketatanegaraan Islam ajarkan kepada kita. Yang kesemuanya itu ditujukan bagaimana kita membangun tatanan kita bernegara dalam kerangka yang lebih manusiawi dan saling setara," urainya.

Acara yang dimulai sekitar pukul 19:30 itu tampak berlangsung khidmat, utamanya saat Syibli banyak menyetir dan mengutip dalil-dalil yang coba dikomparasikan dengan dasar ideologi dan konsepsi ketatanegaraan bangsa ini.

"Negara kesatuan dengan konsepsi yang menjadikan Pancasila sebagai dasar idelogi serta Undang-Undang Dasar 45 sebagai basis pegangan landasan hukum adalah harga mati yang mesti kita jadikan pegangan. Kalau memang kita ingin mencapai apa yang kita sebut sebagai kedamaian hidup," tuturnya.
[yat/yat]
 
Tag : majene
 

ARTIKEL TERKAIT
Ketua Balegda Majene Gelar Sosialisasi Prolegda 2016
Hadiri Halal Bi Halal Keluarga Besar Mandar Tande, ABM SDK-Kalma Duduk Berdampingan
Baliho ABM Dominasi Jalan Poros Polman-Majene
Sambut Ramadan, Mahasiswa Unasman Ziarahi Makam Wali
17. 539 Jiwa Penduduk Sulbar Gunakan Narkoba
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 661,280

web server monitoring service RSS