Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Batu toyang dilolangan Peatallangngoq-o naung Apaq nanaolai Lopinna tomasara nyawa."
Wahai batu dan karang di tengah samudera Tenggelam dan karamlah engkau Karena akan dilintasi Perahunya kelana yang merana
RESENSI
Merekam Mandar Dalam Laika Tappalaus
SulbarDOTcom - Merekam Mandar Dalam Laika Tappalaus


 Penulis
: AMIRUDDIN
 Rabu, 4 November 2015 01:01:09  | Dibaca : 1980 kali
 
Sulbar.com - Pada tahun ini Suparman Sopu meluncurkan sebuah buku kumpulan puisi dan cepen dalam karyanya yang diberi judul, "Merekam Hidup Laika Tappalaus", sebuah buku yang berisi 32 buah Puisi dan 13 buah Cerpen dengan karakteristik yang berbeda-beda disetiap ceritanya. Menatap desain cover buku karya Suparman Sopu ini  dimana tergambar wajah seorang Bapak tua dan seorang anak dengan tetesan air di kepala, yang mungkin bagi sebagian pembaca akan berkerut kening bertanya tentang maksudnya, tapi bagi sebagian lainnya akan  merasa tertarik untuk kemudian menatap lama simbol, setelah itu diselami dan membaca untuk kemudian menemukan jawaban.

Diantara semua tulisan cerpen Suparman Sopu mencoba meramu, mengangkat dan menawarkan berbagai sajian kisah inspiratif yang syarat makna, yang didalamnya banyak pelajaran-pelajaran yang akan  bisa kita petik. Mulai dari pola pergaulan muda mudi jaman modern sekarang ini yang mulai bergeser, perjuangan pergulatan harga diri, potret hidup dirumah panggung, pendidikan anak, cerita rakyat, dan khazanah lagu-lagu daerah, dan berbagai realitas kehidupan. Cerita yang dikemas dalam teknik penulisan yang sederhana dengan kepiawaian pengarang mampu membangun irama ketegangan cerita tanpa membuat pembaca merasa bosan,  

Seperti cerpen yang berjudul  “Merekam Hidup Laika Tappalaus” karya Suparman Sopu ini, dalam kesuluruhan rangkaian cerita ini yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mengajar dan mendidik agar senantiasa membangun rasa percaya diri untuk mempertahankan keyakinan dalam menata masa depan. dari sekian cerpen dalam buku ini terasa Suparman Sopu banyak mengekspresikan sejarah yang dieksplorasi secara unik dan menarik dikemas dalam cerita untuk mengingatkan kembali pada realitas kearifan lokal, budaya yang dimiliki para leluhur kita, serta mengaktualkan nilai-nilai keMandaran untuk menghibur pembaca.

Puisi dikenal luas oleh masyarakat sejak Indonesia belum merdeka sampai hari ini puisi tidak berhenti ditulis, puisi tidak terlepas dari kehidupan seorang penyair yang mencipta, penyair yang mempunyai kedewasaan dan kematangan akan menghasilkan puisi-puisi yang indah. Begitu pula dengan puisi karya Suparman Sopu patut  untuk di apresiasi, puisi yang tidak diragukan lagi akan keindahan dan semangat yang ada dalam puisinya, betapa tidak dizaman modern seperti sekarang ini banyak orang-orang yang sibuk sendiri-sendiri guna mengejar kemajuan jaman sehingga tidak sempat menulis untuk mengungkapkan perasaan.

Kumpulan puisi yang berhasil dibukukan ini dengan pengambilan judul “Merekam Hidup Laika Tappalaus” ini merupakan rekaman sejarah atau dokumentasi kehidupan diri dari sosok Suparman Sopu, yang menurut peresensi adalah sosok multi talent karna dari sejak dulu sampai sekarang ini masih tetap produktif mengaktualkan dimensi positif yang dimilikinya dalam menghasilkan karya-karyanya. Dalam buku ini berisi 32 buah Puisi yang juga dikemas dalam berbagai tema, kita diajak untuk lebih peka terhadap lingkungan sosial tanpa mengecualikan Sang Khalik, dibeberapa puisinya mengandung berbagai tema cinta, metafora laut, dan tema religius keislaman yang kental.

Seperti pada penggalan puisi yang berjudul “Puji PadaMu, Ya Allah” Puji padaMu ya Allah/ Atas alam yang telah kau hamparkan/ tempat kami singgah sejenak/ Bergerak dab bernafas memujiMu/ bercengkrama dengan bumiMu/ bercerita dengan segala hamba. Terlihat jelas penulis menyampaikan perasaan syukurnya dengan pendekatan makrifat, seakan kita menerapi hati setingkat demi setingkat untuk sampai pada satu tujuan, dimulai dari kesederhanaan, hubungan kemanusiaan, hingga keinginan mendalam untuk ingin ‘bertemu’ Tuhan.

Terlepas dari beberapa tema puisi diatas, puisi tidaklah bisa terlepas dari latar belakang penulis yang menulis puisi tersebut sebagai seorang Seorang Pendidik, Kepala Sekolah dan pencipta lagu-lagu daerah Mandar, seperti halnya puisi yang berjudul “Seniman gagal”, ”Kecamun Ombak”, “Negeri dalam Lagu Merdu” selain dari puisi diatas puisi yang lainnya cukup menarik untuk dibaca, jika dibaca keseluruhan buku ini sangat menarik sehingga pembaca dapat mengambil kesan dari setiap puisi yang ada dalam buku ini.

Setelah membaca buku kumpulan puisi dan cerpen “Merekam Hidup Laika Tappalaus” karya Suparman Sopu, sangat berdampak positif terhadap pembacanya. Kumpulan cerpen cocok bagi anak-anak maupun dewasa, semua kalangan yang memiliki hobi membaca yang dapat menginspirasi dan memotivasi, banyak hikmah  dan pesan moral yang bisa kita petik, selain itu bisa menjadikan kita sadar dalam menjalani kehidupan ini, dengan bahasanya yang sederhana dan tidak berbelit-belit sehingga sangat mudah dimengerti oleh pembacanya. Oleh karna itu cukuplah kiranya kita memiliki dan membaca buku ini.

Kelebihan yang paling menonjol dalam buku ini adalah pengambilan judulnya yang sangat bagus karena judul itu seperti mendeskripsikan isi yang ada dalam buku tersebut.

Tinambung, 17 April 2015

DATA BUKU

Judul Buku   : Merekam Hidup Laika Tappalaus
Jens Buku    : Kumpulan Puisi dan Cerpen
Penulis          : Suparman Sopu
Penerbit        : Framepublishing
Tahun Terbit  : 2015
Tebal Buku    : 246 halaman   
ISBN               : 602714432-7

 
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : AMIRUDDIN

Selain aktif sebagai awak redaksi SulbarDOTcom, alumnus UNM ini juga banyak aktif dalam dunia kesenian

ARTIKEL TERKAIT
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 524,278

web server monitoring service RSS