Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Pappeyappu daq di Puang Di tajallinna Muhamma Rapangi tu-uq Bilang sappulo appe."
Keyakinanlah kepada Yang Maha Kuasa Sinar dan cahaya Muhammad Bagaikan Bulan purnama raya
PERISTIWA
Milad Madatte Art, Resmikan Rumah Budaya Nusantara
SulbarDOTcom - Milad Madatte Art, Resmikan Rumah Budaya Nusantara
refertoar musik dan sastra Sikola Paqbanua pada acara milad Madatte Art
 Advertorial
 Senin, 25 Januari 2016 10:52:22  | Dibaca : 1142 kali
 
Sulbar.com - Sebagai sebuah komunitas yang berdiri sejak empat tahun silam, Markas Dance dan Studi Teater (Madatte Art) kembali merayakan miladnya untuk kali yang keempat.

Menariknya, pada milad yang digelar di Pelataran Parkir Arena Sport Centre Polewali Mandar (Polman), Sabtu 24 Januari lalu kali ini selain diisi dengan sejumlah pertunjukan kesenian dari berbagai komunitas, juga diisi dengan peresmian Madatte Art sebagai salah satu rumah budaya nusantara.

Ifdal Trisdianto, Ketua Madatte Art, yang ditemui di sela acara pembukaan yang digelar pada sore Sabtu lalu itu menyebutkan, Madatte Art terpilih sebagai salah satu rumah budaya nusantara, dikarenakan oleh komitmen kerja Madatte Art yang kendati berbilang masih muda, namun telah menorehkan catatan pertunjukan dan manajemen komunitas yang cukup baik.

Sehingga setelah melewati berbagai proses seleksi dan tahapan visitasi berbagai syarat, akhirnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk Madatte Art sebagai salah satu rumah budaya melalui program fasilitasi rumah budaya nusantara.

"Bersyukur melalui milad kami yang keempat ini kami diserahi tanggug jawab besar sebagai salah rumah budaya nusantara dari Kemendikbud. Harapan kami melalui ini, kami akan kian lebih kreatif dan produktif dalam kerja-kerja kesenian dan manajemen kesenian kami ke depan," tutur Ifdal.

Ifdal menyebutkan, bentuk kesyukuran itu, ditandai dengan pagelaran milad yang bertema Mandar Mind and Soul yang secara khusus menghadirkan sejumlah komunitas kesenian hadir sebagai penampil pada acara yang digelar sejak sore pukul 16.00 hingga malam pukul 24.00 wita.

"Ada sejumlah komunitas yang kami hadirkan sebagai rasa kesyukuran kami, tentu saja dengan meletakkan tata panggung baik sound dan lighting yang cukup semarak sebagai bentuk kebahagiaan kami. Disamping mengusung pementasan seni drama tari dan musik (Sendratasik--red) yang berjudul nyanyian laut, yang diangkat dari naskah sejarah Mandar anad ke 17 dan ditulis oleh Ibnu Masyiz dengan musik pengiring yang juga diaransemen oleh Coco Munadi Barlin. Dimana keduanya adalah anggota kami di Madatte Art," urainya.

Selain pertunjukan Sendratasik nyanyian laut, dalam acara yang dihadiri Darwin Badaruddin Asisten Dua Pemkab Polman yang hadir membuka acara pada sore hari, juga diisi dengan beragam pertunjukan, mulai dari pertunjukan musik dan sastra dari Sikola Paqbanua Polman, tari dan musik dari komunitas seni Uwai Sapaleleang Mamasa, tari dari Dance Creatif Polman, pertunjukan teater Kosaster Siin Unasman Polman, serta beragam pementasan tari dan musik dari Maddate Art sebagai tuan rumah acara.

"Tentu saja kami sangat berterima kasih banyak kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam mendukung kegiatan kami ini. Terkhusus kepada sejumlah komunitas yang hadir, baik sebagai tamu undangan, maupun sebagai penampil yang ikut menyemarakkan rasa syukur kami atas apa yang tengah kami lakukan dalam kerja-kerja komunitas kami ini," urai Ifdal dalam sambutannya pada malam pertunjukan dihadapan ribuan penikmat yang hadir dan tumpah di depan Stadion HS Mengga itu.

Selain dihadiri oleh Darwin Badaruddin mewakili Bupati Polman, beberapa pejabat birokrasi juga tampak hadir, mulai dari Sekretaris Dinas Pariwasata Polman Mustari Mula, Kepala UPTD Sport Centre Polman M. Saleh, Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Provinsi Sulbar Muhammad Saleh, Inspektur Inspektorat Kabupaten Polman, Jalal.
[yat/yat]
 
Tag : polman
 

Artikel Terkait
Amperak Nilai, Ironis Lokasi Masjid Merdeka Dijadikan RTH
Makna Hari Ibu Bagi Dua Legislator Perempuan Polman
Duh, Malam Minggu Sejumlah Remaja Ditangkap Menghisap Lem
Raider Bone Peroleh Mobil di AIM Trail Adventure 2016
PNLH XII Walhi di Palembang Bahas Beragam Problem Lingkungan
 
Komentar
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2019 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 1,167,035

web server monitoring service RSS