Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ] [ Maps ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Diang dalleq mulolongan Daq mu gula-gulai Andiang tu-uq Nasadia-diannaq."
Ada rezeki diperoleh Jangan diroyalkan Sebab tidak akan Selalu ada
PERISTIWA
PNLH XII Walhi di Palembang Bahas Beragam Problem Lingkungan
SulbarDOTcom - PNLH XII Walhi di Palembang Bahas Beragam Problem Lingkungan

 Penulis
: MUH ARIFIN HATTA
 Sabtu, 23 April 2016 00:22:31  | Dibaca : 1339 kali
 
Sulbar.com - Setelah empat tahun lalu Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) di gelar di Balikpapan, acara pertemuan sesama penggiat lingkungan itu kembali dilangsungkan di  Kota Palembang Sumatera Selatan.

Penetapan itu bukan tanpa alasan, sejarah kelam kebakaran lahan dan hutan tahun lalu dan tingginya angka sengket agraria di wilayah kelola masyarakat tersebut menjadi alasan penting kenapa PNLH di laksanakan di provinsi yang kaya sumber daya alam ini.

Amanat PNLH XII Walhi kali ini tidak cukup hanya mengenai kerusakan lingkungan. Walhi juga dirasa perlu untuk menagih janji pemerintah yang akan mengalokasikan kawasan hutan 12,7 juta hektar untuk rakyat yang hingga kini kelihatan tak kunjung jelas realisasinya.

Konflik atas lahan akan terus terjadi apabila pemerintah hanya mengedepankan kepentingan korporasi dan menghilangkan hak hak kelola hutan rakyat. Karena itu, pada PNLH ini pun dipamerkan pula berbagai keberhasilan kelola rakyat terhadap hutan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tema PNLH Xll sebagai forum pertemuan tertinggi organisasi Walhi kali ini sengaja mengangkat tema  "Indonesia Adil Lestari, Utamakan keselamatan Rakyat" yang berangkat dari problem lingkungan hidup yang begitu besar dan sudah pada tahap mengancam keselamatan rakyat.

Hadi Jatmiko, anggota Steering Committee sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara PNLH XII, mengatakan PNLH XII kali ini akan coba membicarakan berbagai problem lingkungan di negeri ini "Kami akan mengurai berbagai persoalan penting terkait dengan lingkungan hidup di Indonesia," katanya, Jumat tadi, 22 April.

Kebakaran hutan dan lahan gambut di beberapa provinsi, termasuk juga krisis air, pencemaran dari industri ekstraktif seperti sawit, tambang dan berbagai proyek pembangunan yang mengancam sumber-sumber kehidupan rakyat yang ada di kawasan pesisir.

"Tema ini diangkat mengingat problem lingkungan hidup begitu besar dan sudah pada tahap mengancam keselamatan rakyat," ujar Hadi.

Muh. Arifin Hatta melaporkan untuk SulbarDOTcom dari arena PNLH Walhi XII di Palembang mencatat, lebih dari 600 orang penggiat lingkungan hidup dari berbagai daerah bahkan luar negeri tampak tumpah menghadiri dan mengikuti hajatan akbar lingkungan yang berlangung mulai 22 lalu hingga 27 April mendatang tersebut.
 
Tag : polman
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : MUH ARIFIN HATTA

Penggiat lingkungan aktif diberagam aktivitas pencerahan, utamanya yang terkait dengan issue lingkungan hidup. Kini tengah serius mengikuti PNLH XII Walhi di Palembang

Artikel Terkait
Haflah Tilawah Al Quran Tasyakuran Cinta
Nasi Berenang Makanan Khas dari Wonomulyo
Ribuan Jamaah Shalat Id Sesaki Masjid dan Jalan di Lapeo
Unasman Datangkan Redpel Majalah Cerdas Kopertis IX Sulawesi
Penuhi Undangan Warga, ABM kunjungi Mamuju, Mateng dan Matra
 
Komentar
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2019 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 1,196,598

web server monitoring service RSS