Mengawal gagasan, peristiwa dan informasi Sulawesi Barat [ Beranda ] [ Tentang : Redaksi | Sulbar ] [ Hubungi Kami ] [ Menulislah disini ! ] [ Pedoman Pemberitaan ]

SulbarDOTcom
Kalindaqdaq (Pantun Mandar) :

"Passambayang mo-oq dai Pallima wattu mo-oq Iyamo tu-uq Pewongan diahera."
Hendaklah anda tegakkan shalat Lima waktu selalu sempurna Sebab itulah bekal abadi Menuju hari kemudian
PERISTIWA
Peringati Hari Lahir Pancasila, Kodim 1402 Polmas Mengajar Pancasila di Sekolah
SulbarDOTcom - Peringati Hari Lahir Pancasila, Kodim 1402 Polmas Mengajar Pancasila di Sekolah


 Penulis
: SIARAN PERS
 Kamis, 2 Juni 2016 11:15:07  | Dibaca : 6718 kali
 
Sulbar.com - Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2016 Kodim, Rabu 1 Juni kemarin, secara serentak memberikan materi Pancasila di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA dan sederajat di wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Mamasa yang merupakan wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas.

Dalam kegiatan yang merupakan perintah Pimpinan TNI itu, Kodim  1402/Polmas melalui para Danramil dan Babinsa bekerja sama dengan para guru di sekolah untuk kegiatan mengajar Pancasila tersebut selama 30 sampai 60 menit dan tetap mengedepankan guru di sekolah dengan materi pembahasan seperti sejarah Pancasila, mengapa Pancasila menjadi dasar negara, mengapa 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Menariknya, Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra turun langsung ke sekolah memberikan materi Pancasila di SMA Negeri 2 Polewali didampingi Danramil 1402-01/Polewali serta babinsa setempat.

Pada kegiatan pemberian materi Pancasila di SMA Negeri 2 tersebut, Dandim 1402/Polmas memberikan materi yang bertema Memantapkan Pancasila di Lingkungan Sekolah dihadapan ratusan siswa dan siswi SMU Negeri 2 Polewali yang tampak begitu serius menerima materi yang dipaparkan Dandim.

Di hadapan ratusan siswa SMU Negeri 2 Polewali,  Dandim menegaskan kepada siswa dan siswi yang merupakan penerus bangsa bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan pendidikan nasional berfungsi selain untuk mengembangkan kemampuan juga membentuk watak dan perilaku siswa dan siswi  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang cerdas dan mampu bersaing menghadapi era informasi yang begitu pesat dan cepat.

Ia juga berpesan kepada para siswa, kiranya menjadi generasi pemenang karena sejak manusia dilahirkan sudah menjadi pemenang. "Tetapi tentunya dengan belajar dengan baik serta sebagai generasi penerus bangsa kalian harus menjauhi narkoba dan pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan kalian," tutur Letkol Kav I Made Bagus Suraputra.

Setelah memberikan materi Pancasila, masih dihadapan ratusan siswa dan siswi tersebut kepada media Letkol Kav I Made Bagus Suraputra menjelaskan, saat ini masih banyak remaja-remaja yang kurang memahami Pancasila sebagai ideolgi negara. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa  mempunyai arti bahwa Pancasila menjadi pedoman bagi setiap perilaku bangsa Indonesia.

"Perilaku setiap warga Negara harus dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, sehingga sejak dini para pemuda sebagai penerus bangsa harus mempunyai kepribadian dan jati diri sendiri yang membedakan dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Karakter bangsa Indonesia akan ditentukan oleh implementasi fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa," tutur Letkol Kav I Made Bagus Suraputra.

Dandim menambahkan, "setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk turut berpartisipasi dalam upaya mencapai tujuan negara. Oleh karena itu, kegiatan semacam ini sangat penting dilakukan di sekolah sekolah agar pemahaman anak sekolah tentang Pancasila dapat dipahami dan dipedomani dalam bertingkah laku baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka".

Jelas Dandim, "pada hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya pancasila secara serentak Para Danramil serta babinsa mengajar materi Pancasila di sekolah-sekolah muali tingkat SD sampai Tingkat SMU di wilayah masing-masing. Dengan kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya anak sekolah sebagai penerus kelangsungan hidup bernegara, akan memiliki pemahaman yang benar tentang Pancasila dan bisa menjadi benteng kokoh dari kelicikan para penghianat Pancasila".

Zaenal/2105: Humas Kodim 1402/ Polewali Mamasa
 
Tag : polman
 
Tentang Penulis
Penulis Nama : SIARAN PERS

Berita diatas adalah siaran pers (press release) yang secara resmi dikirim ke email redaksi. Tanggapan atasnya bisa dikirim melalui email: redaksi@sulbar.com

ARTIKEL TERKAIT
Bupati Polman Buka Kejuaraan AQUADNC 2016
Ketika Guru-Mahasiswa Menyatu Bincang Sastra
Dari 58 Peserta POSKI, FAI Unasman Raih Peringkat Dua
Tabrakan di Mapilli, Dua Nyawa Melayang
Nisfu Syaban, AGH Syibli Ungkap Kebanggannya pada Ansor Polman
 
KOMENTAR
 
Tulis Komentar
Nama :
Email :
URL :
Komentar :
   
   
   
     
    Catatan :
No Ads, No Spam, No Flood please !
Mohon tidak menulis iklan, spamming dan sejenisnya.
 MAIN MENU
> Home
> How to go to SULBAR
v Accomodation :
   - Hotel
   - Rumah Makan (Restaurant)
> Obyek Wisata (Destination)
> Kalender Wisata (Event Calendar)
> Directory
> Peluang Investasi (Investment)
> Perpustakaan Online (Library)
v Pemerintahan (Gov) :
   - Aparatur Pemerintah (Gov Officer)
   - Tender Online / eProcurement

 

 

Email : info [at] sulbar.com | Email Redaksi : redaksi [at] sulbar.com

Situs ini merupakan situs berita online independen seputar wilayah Sulawesi Barat
This site is an independent online news sites around the area of West Sulawesi

copyright © 2004 - 2017 SulbarDOTcom - http://www.sulbar.com/

Online sejak 16-okt-2004

Saat ini orang Online.
Jumlah pengunjung : 621,501

web server monitoring service RSS